Thursday, October 15, 2015

Uji Koefisien Determinasi R2 Pada SPSS 20

Koefisien determinasi digunakan untuk mencari seberapa besar variasi variabel independen dapat menjelaskan secara keseluruhan variasi variabel independen. Koefisien determinasi mengukur seberapa besar pengaruh variabel independen secara keseluruhan terhadap naik turunnya variasi nilai variabel dependen.

Nilai koefisien determinasi adalah antara nol dan satu. Bila R = 0 berarti diantara variabel bebas (independent variable) dengan variabel terikat (dependent variabel) tidak ada hubungannya, sedangkan bila R = 1 berarti antara variabel bebas (independent variable) dengan variabel terikat (dependentvariable) mempunyai hubungan kuat.

Silahkan simak videonya:




Hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah:




Penjelasannya:

Dari gambar diatas  maka diketahui nilai R2 adalah sebesar 0,442. Dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa kepuasan nasabah  dipengaruhi oleh sistem informasi berbasis web dan kualitas layanan sebesar 0,442.

Hal ini berarti Kepuasan Nasabah dipengaruhi oleh SI Berbasis Web dan Kualitas Layanan sebesar 44,2 % dan sisanya 55,8 % dipengaruhi oleh hal-hal lain yang tidak diteliti.

Sekian dan Terima Kasih

2 comments:

  1. Jadi inget pelajaran kuliah kalau bahas SPSS :D

    ReplyDelete
  2. Anda Kebingungan Dan Kesulitan Menyelesaikan Skripsi, Tesis, Disertasi
    Karena Pusing Mikirin Olah Data Analisis Statistika Dengan SPSS, AMOS
    LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, DEA
    Serahkan Dan Percaya Kepada Kami.
    Kami Siap Bantu Anda.
    Olah Data Semarang (Timbul Widodo)
    WA : +62 852-2774-6673
    IG : olahdatasemarang

    ReplyDelete